SMA Negeri 1 Sokaraja
JL. RAYA SOKARAJA TIMUR, SOKARAJA WETAN, Kec. Sokaraja, Kab. Banyumas Prov. Jawa Tengah
Telp : 02816442154 Email : smanskj@yahoo.com


Pada tanggal 25 Maret 2022, SMA Negeri 1 Sokaraja menyelenggarakan acara Launcing Nama dan Logo Perpustakaan Sekolah. Acara ini bertepatan dengan kegiatan pengajian menyambut Bulan Ramadhan. Bapak Toto Sukartono, S.Pd selaku Kepala Perpustakaan memberikan penjelasan di dalam sambutannya, mengapa acara launching nama dan logo perpus ini diadakan berbarengan dengan acara keagamaan. Bapak Toto menjelaskan bahwa dengan adanya acara ini diharapkan doa-doa yang dipanjatkan di dalam ruang perpustakaan ini menjadi harapan yang baik untuk Perpustakaan SMA Negeri 1 Sokaraja. Acara juga diisi dengan tausiyah dan tanya jawab bersama beberapa narasumber, yaitu Bapak Usman Zakaria, Ibu Isti Baroroh, Ibu Masriah dan Bapak Suharjiman.

Bapak Drs. Kuat Risyanto selaku Kepala SMA Negeri 1 Sokaraja secara resmi membuka acara ini dan melaunching nama serta logo Perpustakaan "Balai Acitya". Balai Acitya berasal dari Bahasa Sansekerta, "Balai" yang berarti bangunan, bagian dari sebuah rumah, pendhapa, atau tempat masyarakat bermusyawarah dan "Acitya" yang berarti ilmu pengetahuan. Balai Acitya bermakna sebuah bangunan sebagai tempat orang-orang mencari dan menambah ilmu pengetahuan.

Logo berbentuk segitiga berwarna hijau menyimbolkan rumah/bangunan perpustakaan yang asri, nyaman, dan sejuk, sebagai representasi dari sekolah adiwiyata dan green school. Simbol buku yang terbuka melambangkan perpustakaan ini terdapat banyak buku yang siap dibaca dan digali ilmunya. Simbol sayap melambangkan dengan ilmu kita bisa terbang menggapai mimpi, juga menunjukkan bahwa kita bebas merdeka, sejalan dengan kurikulum baru kita, kurikulum merdeka, bebas mempelajari ilmu yang kita mau dan kita pilih. Sayap berwarna orange membawa kesan kreatif, bahagia, kebebasan dan kepercayaan diri. Warna orange juga menyiratkan semangat dan kebebasan.

Dasar warna hitam dalam logo perpustakaan membawa kesan elegan, klasik, dan eksklusif. Penggunaan warna hitam dikandung maksud bahwa perpustakaan bisa membawa/menerbangkan para pengunjung dan pembacanya dari kondisi gelap (ketidaktahuan, tidak mengerti, suasana bingung) ke dalam suasana yang cerah (tahu, mengerti, paham) dan terang benderang  (masa depan cerah) dengan ilmu yang diperoleh. Logo dihiasi dengan ornamen batik menunjukkan bahwa SMA Negeri 1 Sokaraja adalah sekolah yang istimewa dengan PBKL batiknya. Sekolah yang berkomitmen melestarikan batik sebagai budaya warisan nusantara. Unsur batik juga eksklusif di perpustakaan ini karena akan ada ruang khusus bernama GELITIK (Gerai Literasi Batik) dimana pemustaka bisa mendapatkan banyak literatur dan berbagai pernik tentang batik, terutama batik khas Sokaraja dan Banyumas.

Serta garis dan lingkaran berwarna emas yang menyimbolkan prestasi, kesuksesan, dan kemenangan. Garis-garis yang menghubungkan lingkaran emas dengan logo perpustakaan di dalamnya dimaksudkan bahwa untuk mencapai prestasi dan kesuksesan, dibutuhkan adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak yang saling terkait.

© 2018 Sistem Informasi Sekolah SMA N 1 Sokaraja